Konsultasi Syariah Ingin Hijrah Tapi Masih Terjerat Dosa Maksiat Pacaran Semi Zina

๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ

๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฌโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ ๐Ÿ‡ญโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ฏโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ญโ€Œ
๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ตโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฏโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ
๐Ÿ‡ฉโ€Œ๐Ÿ‡ดโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ

๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ๐Ÿ’Ÿ

#โƒฃ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/4/III/19/QUFI
Topik: 1โƒฃ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihnikah_

๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ

Konsultasi Syariah *277 – Ingin Hijrah Tapi Terjerat Dosa*

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Pertanyaan_
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…..
โ˜” Saya sudah hijrah namun susah istiqomahnya ,mungkin saya masi pacaran ,sebenarnya sudah lama saya ingin memutuskan pacar saya tapi selalu gagal karna orang tuanya suka sekali sama saya apa lagi ibunya yg sudah anggap aku seperti anaknya sendiri…pernah aku ingin bilang putus tapi tdk jadi karna dia lebih dulu bilang ke aku jgn perna pisah dari aku apalagi tinggalin aku.pertanyannya bagai mn caranya aku hijra dan istiqomah sedangkan aku masi pacaran…. Atau bagaimna caranya aku bisa ninggalin hubungan yg tidak halal ini…pernah aku bilang kedia hubungan kita ini hanya menimbulkan dosa,maksiat.tapi dia malah bilang klau kamu sudah tidak mau pacaran kita nikah,terus aku bilang aku masi sekolah,terus dia bilang klau gitu aku tunggu kamu sampai tamat sekolah terus kita nikah klau kamu tidak mau tamat sekolat kamu ambil paket c aja terus kita nikah…terus saya bilang lagi segampang itu,dia bilang iya…tapi saya berfikir masi ada orang tua sya yg harus saya bahagiain meskipun hal yg saya lakukan ini belum seberapa dengan apa yg orng tua saya lakukan kepada sya….

๐Ÿ“ Ditanyakan oleh saudari *N.* (0852-4325-ZZZZ) dari Makassar pada _30 Desember 2018_

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Jawaban_
Waโ€™alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.
๐ŸŒธ Hijrah tidak mungkin dilakukan dalam kondisi masih terus menerus pacaran, karena hijrah itu secara bahasa maupun istilah artinya meninggalkan yang buruk menuju yang baik. Pacaran itu buruk, nikah itu baik. Mohon maaf, selamanya, kapanpun, pacaran itu merugikan si laki-laki dan si wanita. Apalagi kalau laki2nya bukan orang baik2, yang rugi pasti wanita. Dijamin. Tidak terbantahkan.

๐Ÿ„ Sebagai info, laki2 itu kalau tidak DIPAKSA untuk menikahi, pasti akan terlena dan minta pacaran terus. Karena sifat dasar laki2 itu inginnya nikmat sendiri dan hidup tanpa tuntutan. Kami mendukung penuh semangat mbak N. untuk HIJRAH. Itu semangat yang bagus.

๐ŸŒน Hijrah batal karena kita kembali kepada keburukan sebelum hijrah. Namun bukan berarti terlarang untuk hijrah lagi. Hidup ini sepenuhnya adalah kesempatan untuk hijrah, dari keburukan sekecil apapun kepada kebaikan sekecil apapun. *Hijrah dengan taubat itu sama*. Taubat juga terus diterima oleh Allah sekalipun berulang kali terjatuh ke dalam dosa.

๐Ÿ“œ Nabi bersabda,
ุฃุฅูู†ู‘ูŽ ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ู ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุฐู’ู†ูŽุจู’ุชู ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู‰ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ุนูŽู„ูู…ูŽ ุนูŽุจู’ุฏูู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู‹ุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐู‘ูŽู†ู’ุจูŽ ูˆูŽูŠูŽุฃู’ุฎูุฐู ุจูู‡ู ููŽุบูŽููŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูŽูƒูŽุซูŽ ู…ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ูˆูŽุฑูุจู‘ูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุฐู’ู†ูŽุจูŽ ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ู ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุฐู’ู†ูŽุจู’ุชู ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู‰ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ุนูŽู„ูู…ูŽ ุนูŽุจู’ุฏูู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู‹ุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐู‘ูŽู†ู’ุจูŽ ูˆูŽูŠูŽุฃู’ุฎูุฐู ุจูู‡ู ููŽุบูŽููŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูŽูƒูŽุซูŽ ู…ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ูˆูŽุฑูุจู‘ูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุฐู’ู†ูŽุจูŽ ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ู ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุฐู’ู†ูŽุจู’ุชู ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู‰ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ุนูŽู„ูู…ูŽ ุนูŽุจู’ุฏูู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู‹ุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐู‘ูŽู†ู’ุจูŽ ูˆูŽูŠูŽุฃู’ุฎูุฐู ุจูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ุบูŽููŽุฑู’ุชู ู„ูุนูŽุจู’ุฏูู‰ ููŽู„ู’ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ
_โ€œAda seorang hamba yang berbuat dosa lalu ia berkata, โ€˜Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa, ampunilah akuโ€™. Lalu Allah berfirman, โ€˜Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosaโ€™. Lalu dosanya diampuni. Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata, โ€˜Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah akuโ€™. Lalu Allah berfirman, โ€˜Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosaโ€™. Dosanya diampuni. Berjalanlah waktu, ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata, โ€˜Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah akuโ€™. Allah berfirman, โ€˜Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosaโ€™. Lalu dosanya diampuni. Lalu Allah berfirman, โ€˜Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanyaโ€™โ€_ *[Shahih Al Bukhari no. 7068]*

๐Ÿ“’ Dijelaskan Ibnu Hajar Al Asqalani, โ€œMakna dari firman Allah โ€˜Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanyaโ€˜ adalah, โ€˜Selama engkau selalu bertaubat setiap kali bermaksiat, Aku telah ampuni dosamuโ€™โ€. Lalu beliau menukil uraian Imam An Nawawi, โ€œJika seseorang berbuat dosa seratus kali, seribu kali, atau bahkan lebih banyak, dan setiap berbuat dosa ia bertaubat, maka taubatnya diterima. Bahkan jika dari ribuan perbuatan dosa tadi setelahnya ia hanya sekali bertaubat, taubatnya pun diterimaโ€ *[Fat-h Al-Bari]*

๐Ÿ‘‘ Batalkah hijrah jika kembali ke dosa yang sama? Batal. Tapi bukan berarti tidak sah jika melakukan hijrah lagi. Hijrah selama-lamanya diterima Allah. Sengaja membatalkan hijrah itu dosa. Kalau tidak sengaja, ya tidak dosa. Ya kan?

๐Ÿต Maka, manakala sudah komitmen hijrah dari zina, ya jauhi zina. Sementara jika terlanjur terjerat, tidak bisa meninggalkan atau melepaskannya karena ada ancaman bahaya mengerikan, seperti akan dibunuh, maka bagaimana lagi. Allah Maha Tahu dan Maha Mengampuni. Memang hijrah itu berat, menjaga istiqamah dalam hijrah juga berat.

๐ŸŽ Dengan demikian, kalau masih pacaran, buruan tinggalin! Kalau memang serius, segera nikahin. Sangat bagus menolak lamaran kalau memang calon suami terlihat belum siap. Segera nikah atau ditunda dulu itu keputusan dan hak masing-masing. Pacaran itu dosa, namun Allah masih akan mengampuni setiap kali kita berhijrah dan bertaubat.

๐Ÿ• Memang jika sudah menikah tetap bisa membahagiakan orang tua, tapi tentu harus penuh perhitungan ini dan itu karena terkait dengan kebutuhan dan keperluan rumah tangga sendiri. Betul juga bahwa *sebelum menikah merupakan kesempatan yang bagus untuk memaksimalkan upaya kita sebagai anak untuk membahagiakan orang tua* karena saat itu kita belum terbebani keluarga kecil kita.

๐Ÿ•‹ Allah At-Tawwab berfirman,
ู‚ูู„ู’ ูŠูŽุง ุนูุจูŽุงุฏููŠูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุฃูŽุณู’ุฑูŽูููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ููุณูู‡ูู…ู’ ู„ุง ุชูŽู‚ู’ู†ูŽุทููˆุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐู‘ูู†ููˆุจูŽ ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุบูŽูููˆุฑู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู * ูˆูŽุฃูŽู†ููŠุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุณู’ู„ูู…ููˆุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽูƒูู…ู ุงู„ู’ุนูŽุฐูŽุงุจู ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ุชูู†ู’ุตูŽุฑููˆู†ูŽ (ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุฒู…ุฑ: 53-54)
_โ€œKatakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang adzab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).โ€_ *[QS. Az-Zumar: 53-54]*

โš  Oia, jangan lupa, seperti sudah seringkali kami sampaikan dalam banyak tanya-jawab, bahwa *setiap dosa pasti menyisakan efek samping atau residu sekalipun sudah bertaubat* sebab bisa jadi taubat kita belum diterima Allah atau taubat kita sudah telat atau dosa yang kita perbuat termasuk dosa jariyah yang terus menerus ditiru atau berlangsung sekalipun kita sudah taubat atau hijrah. Diantara dampak negatif pacaran adalah awal-awal pernikahan dirundung problematika.

๐Ÿ“ Dijawab oleh *Abu Abizard*
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐ŸŒ Alhamdulillah, atas izin Allah kemudian doa para subscriber ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎ , pada 8 Februari 2019 BCQUFI dengan YADARIQUFIYA telah resmi dan disahkan oleh Pemerintah melalui KEMENKUMHAM RI, Notaris, Dan Dirjen Pajak.

๐Ÿ“’ ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎ melalui Yayasan Shadaqah Jariyah Quantum Fiqih Ar-Rasyidiyyah (YADARIQUFIYA) membutuhkan bantuan dana infaq untuk keperluan kegiatan program pendidikan, sosial dan dakwah, dan untuk operasional Yayasan.

๐ŸŽ™ Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ di *+62 821-4088-8638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

โš  Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *KONSULTASI SYARIAH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena _jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast._

About quantumfiqih

Quantum Fiqih hanyalah sebuah rumus sederhana yang mencoba memudahkan untuk mempelajari Islam secara singkat namun mendalam.

Posted on Maret 8, 2019, in Fiqih Nikah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar