Konsultasi Syariah Mimpi Bertemu Orang Tua Yang Sudah Wafat, Pertanda Apa? Apakah Itu Benar-benar Beliau Atau Jin Syaithani Yang Menyerupakan Diri Dengan Beliau?

๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ

๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡ตโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ
๐Ÿ‡ดโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฌโ€Œ ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ
๐Ÿ‡พโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฌโ€Œ ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ฉโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ญโ€Œ
๐Ÿ‡ผโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ
๐Ÿ‡ตโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฉโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ตโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ

๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ๐Ÿ”ฎ

#โƒฃ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/2/III/19/QUFI
Topik: 1โƒฃ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihaqidah_

๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ

Konsultasi Syariah *291 – Mimpi Bertemu Orang Tua Yang Sudah Wafat, Pertanda Apa?*

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Pertanyaan_
Assalamualaikum ustadz.
๐Ÿ• Q mau nanya kakak” aku seringin mimpi almarhum bapa. Sdngkan q gk prnh. Biasanya klau d dtangi dlm mimpi itu tndnya apa yh ustadz. Atau hnya sekedar kembang tdur. Ustadz kdng q ingin mmpiin bapa. Tp gk prnh. Sdngkan kakak” q sering mmpiin bpa.

๐Ÿ“ Ditanyakan oleh Saudari *Kajunki* (+6281395013742) dari Bandung pada _7 Februari 2019_

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Jawaban_
Wa’alaikumussalam
๐ŸŒ€ Kalau mimpinya terlalu sering ada dua kemungkinan, ada pesan dari almarhum yang belum dilaksanakan, atau almarhum minta bantuan doa anak-keturunan dan keluarganya, yang banyak lebih banyak dari biasanya. Bisa juga yang kita mimpikan itu hanya kenangan kita yang terbawa ke alam mimpi. Bisa juga merupakan cara Allah membahagiakan kita agar terobati rindu dan kangen kita sebelum nanti akan bertemu dengannya di Surga. Aamiin.

๐Ÿ“œ Diriwayatkan dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas radhiyallahu โ€˜anhuma, beliau menjelaskan tafsir ayat tersebut,
ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูŽุฑู’ูˆูŽุงุญูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงุชู ุชูŽู„ู’ุชูŽู‚ููŠ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู†ูŽุงู…ู ููŽุชูŽุชูŽุนูŽุงุฑูŽูู ู…ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุงุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฌูŽู…ููŠุนูู‡ูŽุง ุงู„ุฑู‘ูุฌููˆุนูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุฌู’ุณูŽุงุฏู ุฃูŽู…ู’ุณูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุฑู’ูˆูŽุงุญูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงุชู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ูŽ ุฃูŽุฑู’ูˆูŽุงุญูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฌู’ุณูŽุงุฏูู‡ูŽุง
_โ€œSesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya.โ€_ *[Tafsir At-Thabari 21/298, Al-Qurthubi 15/260, An-Nasafi 4/56, Zadul Masir Ibnul Jauzi 4/20, dan beberapa tafsir lainnya]*

๐ŸŽชApakah Ibnu Abbas me ngarang atau membuat hoaks? Oh tidak. Apa yang dikatakan Ibnu Abbas ini jelas berdasarkan wahyu. Terbukti, Allah berfirman,
ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุชูŽูˆูŽูู‘ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ููุณูŽ ุญููŠู†ูŽ ู…ูŽูˆู’ุชูู‡ูŽุง ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽู…ูุชู’ ูููŠ ู…ูŽู†ูŽุงู…ูู‡ูŽุง ููŽูŠูู…ู’ุณููƒู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู‚ูŽุถูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชูŽ ูˆูŽูŠูุฑู’ุณูู„ู ุงู„ู’ุฃูุฎู’ุฑูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุฌูŽู„ู ู…ูุณูŽู…ู‘ู‹ู‰ ุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูŽุขูŠูŽุงุชู ู„ูู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠูŽุชูŽููŽูƒู‘ูŽุฑููˆู†ูŽ
_โ€œAllah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah ruh (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.โ€_ *[QS. Az-Zumar : 42]*

๐Ÿ“œ Ada pula riwayat lain, dari Abu ad-Dardaโ€™, dari Rasulullah,
ุงูŽู„ู’ู…ูŽูŠูู‘ุชู ุฅูุฐุงูŽ ู…ูŽุงุชูŽ ุฏููŠู’ุฑูŽ ุจูู‡ู ุฏูŽุงุฑูู‡ู ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ูŠูŽุนู’ู†ููŠู’ ุจูุฑููˆู’ุญูู‡ู ูˆูŽุญูŽูˆู’ู„ูŽ ู‚ูŽุจู’ุฑูู‡ู ุณูŽู†ูŽุฉู‹ ุซูู…ูŽู‘ ุชูุฑู’ููŽุนู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณูŽู‘ุจูŽุจู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ุชูŽู„ู’ุชูŽู‚ููŠู’ ูููŠู’ู‡ู ุฃูŽุฑู’ูˆุงูŽุญู ุงู’ู„ุฃูŽุญู’ูŠุงูŽุกู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽู…ู’ูˆุงูŽุชู .
_โ€œSeseorang apabila meninggal, maka ruhnya dibawa berputar-putar di sekeliling rumahnya selama satu bulan, dan di sekeliling makamnya selama satu tahun, kemudian ruh itu dinaikkan ke suatu tempat di mana ruh orang hidup bertemu dengan arwah orang mati.โ€_ *[Musnad al-Firdaus fi Maโ€™tsur al-Khithab li ad-Dailami (Beirut: Dar al-Maโ€™rifah, 1417/1996), 4/240, nomor 6722]* Menurut sebagian muhadditsin, hadits ini dha’if.

โ™ป Hal yang harus didasari bahwa sosok yang muncul dalam mimpi yang mirip dengan rupa orang yang sudah meninggal BELUM tentu adalah ruh orang tersebut. Sebab bisa jadi sosok jin yang menyerupakan diri dengan seseorsng yang kita kenal selama hidup. Hanya Rasulullah saja satu-satunya manusia yang bisa muncul dalam mimpi dengan sebenar-benarnya tanpa ada satupun jin yang berhasil menyerupai beliau. Namun kita wajib mengenali ciri fisik Rasulullah seperti tercatat dalam hadits-hadits.

๐Ÿ‘‘ Lalu bagaimana cara kita membedakan apakah sosok yang muncul dalam mimpi itu jin ataukah ruh orang yang benar-benar, salah satunya, kita lihat apa obrolan atau pesan yang disampaikan. Kalau isinya nasehat, insyaallah itu sosok yang benar. Kalau isinya menjerumuskan ke dosa, walau kecil, meski tanpa sadar, dijamin itu jin syaithani yang menyerupakan diri. Karena _jin syaithani hanya punya satu pekerjaan yaitu menyesatkan manusia_, salah satunya melalui dunia mimpi.

๐Ÿ“ Dijawab oleh *Abu Abizard*
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐ŸŒ Alhamdulillah, atas izin Allah kemudian doa para subscriber ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎ , pada 8 Februari 2019 BCQUFI dengan YADARIQUFIYA telah resmi dan disahkan oleh Pemerintah melalui KEMENKUMHAM RI, Notaris, Dan Dirjen Pajak.

๐Ÿ“’ ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎmelalui Yayasan Shadaqah Jariyah Quantum Fiqih Ar-Rasyidiyyah (YADARIQUFIYA) membuka kesempatan kepada para donatur dan masyarakat luas yang ingin bershadaqah berupa pakaian bekas layak guna. Direncanakan, YADARIQUFIYA akan mengadakan buka puasa bersama sekaligus peresmian Mushalla Al-Istiqamah dan bakti sosial pada bulan Ramadhan 1440 H. Kurang lebih ada 40 faqir miskin di sekitar Mushalla.

๐ŸŽ™ Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ di *+62 821-4088-8638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

โš  Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *KONSULTASI SYARIAH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena _jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast._

About quantumfiqih

Quantum Fiqih hanyalah sebuah rumus sederhana yang mencoba memudahkan untuk mempelajari Islam secara singkat namun mendalam.

Posted on Maret 8, 2019, in Fiqih Aqidah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar